Saturday, July 21, 2012

Keutamaan (setelah) Waktu Syuruq

Awalnya, saya baru ngeh kata "syuruq" ketika liat tweet akun @shalat_jakarta
Akun ini, seperti namanya, biasa memberitahukan kepada followers-nya waktu-waktu shalat untuk wilayah Jakarta (dan mungkin untuk sekitarnya, termasuk Depok, makanya saya follow. Kalaupun berbeda, paling hanya beberapa menit aja).
Sering saya lihat tiap pagi akun itu nge-tweet: Waktu Syuruq kota Jakarta pukul xx : xx
Saya bertanya-tanya, bahkan nanya langsung ke akun yang bersangkutan: waktu syuruq maksudnya apa?
Beruntung ada teman yang membalas tweet saya itu, intinya yang saya tangkep, waktu syuruq itu waktu awal dimulainya dhuha.
Waktu itu saya terima penjelasan itu tanpa mencaritahu lebih jauh.
Lagipula saya kira selama ini dhuha itu waktunya antara jam 9-11.
Kata temen saya sih itu waktu utama sholat dhuha, tapi ya itu tadi, sholat dhuha sebenarnya sudah bisa dimulai waktu syuruq telah tiba.
Sempet sih saya googling arti kata syuruq, yaitu "terbitnya matahari"
Hmm, jadi inget ayat pertama surat Ad-Dhuha, "demi waktu matahari sepenggalahan naik"
Pokoknya sejak saat itu kalau akun itu nge-tweet waktu syuruq, artinya udah boleh sholat dhuha.

Beberapa bulan kemudian......

Kemarin saya nge-RT tweet @shalat_jakarta tentang waktu syuruq.
Maksudnya sih kalo ada yang mau sholat dhuha, apalagi pas ramadhan begini, biar pada tau aja.
Eh, terus saya lihat ada teman, @atharasyadi bikin kultwit ini:

Karena lg shaum, mari kita nuansakan linimasa dg kicauan-kicauan edisi ramadhan. :) #ER

Salah satu amalan mantap yg sayang untuk dilewatkan dalam bulan Ramadhan adalah memelihara waktu ba'da shubuh kita. #ER

Karena pd bulan ini kita terbiasa bangun utk sahur, otomatis sholat shubuh jg harusnya bs tepat waktu kan ngga kaya hari-hari biasa. :p #ER

Nah, ternyata ngga cuman waktu sebelum shubuh aja lho yg punya keutamaan. Setelahnya juga. #ER
Imam At-Tirmidzi meriwayatkan sebuah hadis dari Anas bin Malik dari Rasulullah, bahwa beliau bersabda (cont) #ER


Barangsiapa shalat fajar berjamaah di masjid, kemudian ttp duduk berdzikir mengingat Allah, hingga terbit matahari lalu sholat dua rakaat maka seakan-akan ia mendapat pahala haji dan umrah dengan sempurna, sempurna, dan sempurna. #ER

Sayang kan buat dilewatkan? Apalagi buat yg belum kesampean naik haji macam saya. Haha. Oke sip, selamat pagi semua! :-D #ER

Entah kenapa begitu liat kultwit ini, saya langsung teringat waktu syuruq. Jangan-jangan yang dimaksud shalat dua rakaat dengan pahala sama seperti pahala haji dan umrah yang disebut hadits diatas itu shalat di waktu syuruq. Saya tanya langsung ke orangnya, juga googling (kebetulan buka via laptop).
Jawaban atha dan hasil googling-an sama, bahwa shalat yang dimaksud memang sholat syuruq, atau ada juga pendapat lain yang mengatakan shalat dhuha dua rakaat di awal waktu sebab waktu itu kan syuruq ya waktu awal dhuha (inget balesan teman saya dulu waktu saya tanya arti waktu syuruq). Tapi saya baru tahu ternyata keutamaan waktu syuruq seperti itu toh. Soalnya selama ini seringnya saya cuekkin, terus dhuha sekitar jam 9-11 aja. hahaha.

Terus kalo udah tiba waktu syuruq, langsung sholat dua rakaat?
Ternyata tidaaak. Hasil googling mengatakan waktu syuruq itu termasuk waktu-waktu terlarang (haram) untuk beribadah. Kalau mau tau lebih lengkap soal waktu-waktu yang terlarang untuk sholat bisa liat di sini .
Jadi, kalo dari hasil googling dan tanya teman yg kultwit di atas, ketika waktu syuruq tiba, baiknya menunggu sekitar 15 menit baru kemudian sholat dua rakaat.

Tempatnya?

Masjid. Coba perhatiin hadits yang dikutip sebelumnya, ".......Barangsiapa shalat fajar berjamaah di masjid, kemudian ttp duduk berdzikir mengingat Allah, hingga terbit matahari lalu sholat dua rakaat..."
Kalo menurut saya sih, sholat dua rakaat yang dimaksud ini "sepaket" sama sholat subuh berjamaah di masjid dan dilakukan di masjid nya itu supaya bisa dapet pahala layaknya orang yang menunaikan ibadah haji dan umroh.

Oiya, saya juga belum tau kalo untuk perempuan gimana.
Secara kalau perempuan yang utama ibadah di rumah aja, meskipun kalau mau ke masjid ya ga boleh dihalang-halangi (lagi-lagi ini narasumbernya atha,hahaha).
Wallahu'alam.
Pengetahuan ini saya dapat dari tanya-tanya temen dan googling, berhubung di rumah ga nemu buku yang membahas soal ini. Jadiii, sangat mungkin salah pemahamannya. cmiiw yaa :)

Alhamdulillah punya teman-teman yang pengetahuan agamanya baik jadinya nambah ilmu juga deh ke saya nya :D :D Yuk semangat, terutama buat yang laki-laki, sholat subuh berjamaah ke masjid. Abis subuh jangan tidur lagi, selain bikin ga seger, bikin ketinggalan waktu syuruq! :)



1 comments:

Mumtaz Myummy said...

Jazakillah yaa ukhti

Post a Comment

 

Blog Template by BloggerCandy.com