Saturday, July 21, 2012

kacang hijau dan debu


Kacang Hijau

Kamis 19072012 pagi, sekitar pukul 06:15 saya lihat ibu saya masih terbaring di tempat tidur.
Saya tengok, beliau tertidur.
Hmm, tidak seperti biasanya.
Biasanya jam segitu sih sudah rapih siap ke pasar.
Jadi, saya berpikir kalau ibu saya sedang kurang sehat waktu itu karena biasanya kalau sedang sakit beliau tidur melulu.hehehhe
Akhirnya, saya putuskan untuk memasak sesuatu.
Tengok ke kulkas, ada tempe, tahu, ikan, dll.
Tapi kayanya kalau lagi sakit enaknya makan makanan hangat kayak sup dkk kan ya..
Berhubung saya juga ga punya ide untuk mengolah bahan-bahan yang tadi ditemukan, saya putuskan membuat bubur kacang hijau.
Rencananya biar pas ibu saya bangun, kacang hijaunya sudah tersediaaa *ciee,tumbeen*
Untung di lemari dapur saya menemukan + 1/4 kg kacang hijau.
Terus, pas dipikir-pikir, saya belum pernah buat bubur kacang hijau sebelumnya.
Saya tebak sih paling cuma gula merah dan jahe (plus santan kalau mau).
Karena ragu dengan tebakan saya, saya googling "resep bubur kacang hijau"
Eh, bener looh tebakan saya *prok prok prok!*
Di resep itu ada garam juga sebagai penambah rasanya.
Oke, saya pun memulai pembuatan bubur kacang hijau.
Semua bahan saya masukkan, air, kacang hijau yang sudah dicuci (saat dicuci dan direndam, buang kacang yang mengapung), gula merah, jahe yang dimemarkan, sedikit garam.
"Iiiiih, gampang banget ini sih!" batin saya.
Rebusan kacang hijau saya tinggal, saya membereskan dan menata ulang kamar.

30 menit berlalu....

Saya ke dapur, mengaduk-aduk rebusan tadi. Hmmm, belum empuk.
Mungkin agak lama ya.

30 menit kemudian.....

Ke dapur lagi, ngecek kacang hijau. Nampak masih butiran-butiran utuh, belum merekah dan pecah seperti bubur kacang hijau pada umumnya. Hmmm, lama juga ya...

1 Jam berikutnya..........

Kacang hijau masih aja belum merekah dan pecah (menandakan sudah empuk kacangnya) ! Penasaran kenapa lama banget, saya ambil beberapa kacangnya dan saya kunyah.
Terasa sedikit emput, seperti setengah mateng gitu.
Hmmm, mungkin emang lama banget kali yeeee masak bubur kacang hijau.
Tapi perasaan kalo mamah bikin kacang hijau teh sebentar??

30 menit selanjutnya...

Astaga, belum empuk juga ini kacang hijau!! Ga tau harus gimana, saya tinggal aja deh, lanjut ngeberesin kamar. Tiba-tiba...
Mamah (A): "Ais lagi ngerebus apa?"
Saya (A): Yiaaaah, si mamah udah bangun buburnya belum mateng.! "Bubur kacang ijoo, hehehe" (nyengir kuda, bergegas ke dapur ngecek si bubur diikuti mamah)
M: "Loh, udah pake gula?"
A: "Iya. Emang....?"
M: (Nyengir) "Kalo masak  kacang ijo jangan bareng sama gula soalnya bikin lama empuknya. Kalo gini sih sampe dzuhur bisa ga mateng-mateng, hehehehe"
A: *zingngngngngng......*
M: "Terus, kalau mau lebih cepet, pakai panci presto. Lima menit udah empuk. Nah, baru deh masukin gula"
A: hening.........

Ujungnya mah tetep weeeh mamah yang ngeberesin kacang ijo gagal punya sayaaaa >.< dan ternyata beliau lupa memasukkan jahe. Yak, first trial failed mode: ON *sesenggukan*


DEBU
Eits, ini bukan grup musik yang vokalisnya si Mustopa itu loh ya.
Ini yang suka muncul bikin bersin dan mengundang kecoak kalo kamu-kamu pada jorok ga bersihin kamar berbulan-bulan kayak saya. *maklum,ditinggal ngekos jadi terabaikan >> alesaaan*
Jadi setelah insiden kacang hijau itu, saya lanjutkan beberes kamarnya
Seperti biasa, naluri ibu-ibu tuh suka kuat ya kalo ngeliat ada kerjaan yang dikerjakan tidak sesuai standar dan prosedur yang dianut mereka yang notabene mahir dalam urusan rumah tangga
M: melongok dari pintu "Lagi beresin kamar toh?"
A: "He eh" sibuk ngepel sambil sesekali bersin karena banyak debu berterbangan
M: "Hmm, kalo bersihin bagian-bagian berdebu, langsung dilap pakai kain basah aja. Jadi debunya ga terbang-terbang bikin bersin...."
A: ................. bener juga ya, ga kepikiran....

Okeh, dua pelajarn saya dapat hari ini tentang kacang hijau dan pembersihan debu.
Terima kasih mamaaah :* (meskipun rada BT kenapa beliau bangun duluan di saat kacang hijau belum mateeeng. ha ha ha)

0 comments:

Post a Comment

 

Blog Template by BloggerCandy.com