Tuesday, August 24, 2010

Shalat...shalat..

Sebejat-bejatnyanya seseorang, saya rasa ada masa dimana dia akan butuh Tuhan. Ada masa dimana seseorang merasa kosong, hampa, saat kehidupannya tidak tersentuh oleh agama, merasa “kering” saat dirinya tidak kunjung merasakan nikmat iman.

Dan nampaknya hal itu yang terjadi pada diri saya, mulai beberapa bulan lalu. Kosong. Hampa. Dosa-dosa kecil terus dilakukan tanpa mengusik nurani sedikitpun. Pembenaran kebiasaan, bukannya membiasakan yang benar, terus dilakukan. Makin jarang mengaji, solat malam apalagi. Banyak sekali alasan untuk menghindar dari usaha-usaha mengingatNya. Solat wajib sekedar rutinitas, secara kuantitas terpenuhi, tapi secara kualitas? Nanti dulu. Satu-satunya yang membuat solat wajib masih terus bertahan hanya rasa malu jika tidak bersyukur. Ya, bagi saya, solat wajib yang 5 waktu itu adalah salah satu bentuk terkecil dari rasa syukur seorang hamba kepada Allah. Tidak mengerjakan solat wajib sama artinya tidak tahu berterimakasih. Meskipun begitu, tetap saja, ‘kekosongan’ yang saya rasakan, dosa-dosa kecil yang sering saya lakukan, tidak hilang, tidak terhenti. Dan saya bingung harus mulai darimana untuk memperbaiki kondisi ini

Tak tahan dengan kondisi seperti itu, saya sms teman saya, menceritakan kondisi saya. Jawabannya simpel. Intinya ia menanyakan apakah solat saya sudah sesuai dengan apa yang dicontohkan Rasululullah atau tidak. Dia menambahkan solat yang baik dihasilkan dengan wudhu yang baik, yang sesuai tuntunan Rasulullah. Ia mengingatkan saya pada ayat berikut ini:

Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab (Al Quran) dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan)keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.(Q.S. Al Ankabut:45)

Logikanya, kalau kita rajin shalat tapi masih melakukan perbuatan dosa, pasti ada yang ga beres dengan shalat yang kita lakukan. Dan hal ini tentunya tak bisa dipisahkan dari wudhu yang kita lakukan sebelum shalat. Alhamdulillah sekali saya punya teman seperti dia :) Bahkan selama ini tak sebersit pun terlintas di benak saya untuk mencari tahu apakah ibadah solat (termasuk wudhu) yang saya jalani selama ini sesuai dengan apa yang dicontohkan Rasulullah? Padahal sering sekali hadist berikut ini saya baca:

Shalatlah kamu sekalian sebagaimana kalian melihat aku shalat (HR. Bukhari)

Allah, terimakasih untuk petunjukMu :) Dan entah mengapa, hadits berikut ini (yang di bold), tiba-tiba muncul dalam benak saya waktu itu:

“Pertama kali yang dihisab pada hari kiamat adalah shalat, jika shalatnya baik maka baiklah seluruh amalannya, dan jika shalatnya rusak, maka rusaklah seluruh amalannya.” (HR. Thabrani).

Hadits ini terngiang-ngiang terus di telinga saya. Sampai Allah menggerakkan saya menuju lemari buku papah saya, mencari-cari buku yang saya butuhkan di rak berisi buku-buku agama yang selama ini tak pernah menarik minat saya. Daaan saya menemukan buku ini:
Penulis: A. Hassan

Saya seneng banget. Meskipun buku itu udah lamaaaa banget (fyi, kertasnya sudah menguning dan bahasanya masih rada-rada jadul), bahasanya mudah dipahami, pokoknya enak dibaca. Yaa, tapi kayaknya saya butuh satu buku lagi deh, yang keluaran terkini untuk pelengkap. Alhamdulillah, Allah benar-benar memudahkan saya. Berawal dari iseng-iseng nanya temen, saya dapet buku yang saya inginkan (minjem maksudnya):

Penulis: Muhammad Nashiruddin Al-Abani

Waah, Alhamdulillah. Terimakasih banyak Allah untuk segala kemudahan ini :) Jadi semangat deh bacanya \(^.^)/
Semoga selepas Ramadhan ini, shalat saya menjadi lebih baik :)

*tinggal nyaritau tentang wudhu nih,udah ada sih di buku Pengajaran Shalat, tapi butuh pelengkap deh kayaknya. anyone?? ;)

5 comments:

Alfit said...

http://organisasi.org/pengertian_wudhu_wudu_dan_tata_cara_wudhu_agama_islam

kayaknya kurang lengkap,tapi lumayan kalo buat belajar wudhu..hehe

aisyahibadi said...

woow.jazakallah khairan, smg Allah membalasmu dgn kebaikaan :)
hatur nuhuuuuun :D

aisyahibadi said...

eia alfit, gua baca barusan. ga ada haditsnya yah??karena setau gua, menurut hadits yg insya Allah shahih, usap kepala-telinga itu sekaligus sebanyak satu kali aja. kalo digambarkan dgn kata-kata kira2 begini: usap dari ujung dahi sampai ke tengkuk, balik lagi ke ujung dahi, usap telinga (telunjuk membersihkan bagian dalam sementara jempol bagian luar telinga).wallahualam bishawab

Alfit said...

jazakillahu khairan.. *bener ga nih nulisnya..hehe

oh iya gada sumbernya tuh link yang gw kasi diatas, baru tau gw kalo ternyata bagian kepala sama telinga itu cuma sekali ya?(berarti selama ini gw salah dong tata cara wudhunya..hehe)

ini ketemu artikel lagi tentang wudhu :)

Tata Cara Wudhu dan Do’a Setelahnya

aisyahibadi said...

hehehe
iya,gw jg baru tau kemaren2 kok yang usap kepala-telinga itu

makasih yaa artikelnya, seneng gua. haditsnya lengkap yeee :D ahahaha

Post a Comment

 

Blog Template by BloggerCandy.com