Friday, July 12, 2013

Makna Istigfar



Intisari dari Kultum Subuh Bapak Quraish Shihab @ SCTV 13 Juli 2013

Istigfar sering diartikan sebagai permohonan ampun kepada Allah. Hal itu benar, namun kurang lengkap. Makna istigfar dilihat dr akar katanya ada dua:
1. menutupi/ mengalihkan
2. sebuah pohon yang menyembuhkan luka
Makna pertama, menutupi. Maksudnya, ketika kita beristigfar, Allah akan menutupi dosa/ aib kita. Selain menutupi, maknanya bisa juga mengalihkan. Analoginya seperti jika kita mempunyai hutang dan tidak sanggup membayar. Kemudian hutang itu diambil alih oleh orang lain. Begitupun istigfar mengalihkan dosa. Allah akan mengalihkan dosa-dosa kita dengan istigfar.

Makna kedua merujuk kepada pohon yang menyembuhkan luka. Ketika manusia berbuat dosa, sesungguhnya di hatinya ada kotoran yang timbul sehingga hatinya berpenyakit. Ataupun ketika kita terlalu malu/ takut untuk meminta maaf kepada orang lain (sebab jika kita mengatakan kesalahan saat meminta maaf itu orang tersebut akan tambah amarahnya) atau ketika orang yang ingin kita mintai maaf sudah tiada, akan timbul penyesalan. Rasa sesal/sakit di hati karena dosa akan Allah sembuhkan dengan istigfar kita.

Oleh karena itu, beristigfarlah kepada Allah yang bersifat Ghofar  dan Ghofur. Ghofar artinya berulang-ulang (dalam mengampuni,memaafkan dosa-dosa kita), sedangkan Ghofur berarti menutupi, Allah akan menutupi dosa dan aib kita.

*cmiiw :)

0 comments:

Post a Comment

 

Blog Template by BloggerCandy.com